Rabu, 15 Oktober 2014

AKTUALISASI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

AKTUALISASI AKHLAK DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Aktualisasi akhlaq adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan perilaku / iman yang dimilikinya dan mengaplikasikan seluruh ajaran islam dalam tingkah laku setiap harinya.
Manusia di dalam kehiupanya tidak dapat hiodup semdirian saja,manusia membutuhkan bantuan dari manusia lain agar dapat hidup di dunia ini,ini adalah salah satu sifat manusia yaitu makhluq social karena manusia saling membutuhkan.manusia akan hidup berdampingan dengan manusia lain dalam suatu kelompok yang disebut masyarakat.agar terjalin suatu masyarakat yang baik tanpa rasa permusuhan dan makmur manusia harus bertidak dengan menggunakan akhlaq yang baik.
Dalam ilmu akhlaq dijelaskan bahwa kebiasaan yang baik harus diperhatikan dan disempurnakan karena merupakan faktor yang sangat penting dalam membantu karakter manusia yang berakhlaq.
Al ghozali menjelaskan bahwa mencapai akhlaq yang baik ada 3 cara:
1.akhlaq merupakan anugerah dan rahmatullah , orang memiliki akhlaq secara alamiah yang telah Allah berikan sejak ia dilahirkan
2.mujahadah,selalu berusaha keras untuk mengubah diri menjadi baik dan tetap dalam kebaikan serta menahan diri dari putus asa
3.riyadloh,adalah melatih din secara spiritual untuk senantiasa dzikir(ingat)kepada Allah
Aktualisasi akhlaq dalam kehidupan masyarakat dapat dicontohkan dengan Tolong Menolong ,
Manusia dan orang – orang sekitarnya 2 elemen yang tidak bleh dipisahkan dalam memstikan kesempurnaan dan kelangsungankehidupan,jadi oleh karena itu menolong dan ditolongi merupakan suatu tindakan mulia yang harus ada di dalam diri manusia.
Dengan menolong orang lain sebenarnya kita menolong orang lain hidup kita akan terasa bermakna,jauh daru kehampaan hidup , banyak orang yang sekarang ini merasa hampa,karena sudah dikuasai cara hidup individualitas.
Sebagai Contoh Tolong Menolong dalam kehidupan masyarakat  adalah gotong royong.
Dari dahulu gotong royong telah menjadi identitas budaya dan gaya hidup morang Indonesia ,gotong roong ada dan muncul dari masyarakat pada  saat itu secara bersama sama ,saling membantu dan bergantian menggarap tanah,mencangkul ,mennam benih,mengatur saluran air,memupuk,memanen tanaman,ataupun pekerjaan lainnya.
Di dalam gotong royong masyarakat menunjukkan tindaakan yang dilakukan bersama sama dan saling tolong menolong.
Contoh lain dari tolong menolong:
Memberi Bantuan yang dilakukan terhadap warga yang melakukan kegiatan perkawinan, khitanan, dll dapat berupa bahan makanan, uang, ataupun tenaga. Mereka yang datang membantu terlebih dahulu diberitahu waktu perayaan atau pembuatan rumah dilaksanakan, sehingga akan mempersiapkan segala sesuatunya. bagi yang pernah dibantu minimal akan membantu sesuai dengan bantuan yang telah diterimanya, tetapi yang bagi yang belum mendapat bantuan maka akan membantu sesuai dengan kemampuan atau kebutuhan yang kelak harus diterima dari warga yang menyelenggarakan perayaan tersebut. Tolong menolong semacam ini dapat dianggap sebagai tabungan di masa datang, kalaupun balasannya suatu saat tidak diterima langsung karena sesuatu hal seperti tidak akan melaksanakan pembuatan rumah atau perayaan lagi di mana anak-anaknya telah menikah semua atau telah dikhitan, maka balasan bantuan melainkan diberikan keturunannya yaitu cucu atau kerabatnya ataupun pada orang lain asalkan balasan tersebut atas nama yang pernah membantunya. Adapun bantuan tenaga diberikan apabila yang bersangkutan tidak mampu untuk memberikan barang kebutuhan ataupun uang, maka bantuan tenaga dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan, karena setiap perayaan atau pembuatan rumah yang diselenggarakan akan memerlukan banyak tenaga kerja.
Saling tolong menolong seperti demikian tidak terbatas pada warga sekitarnya, melainkan dapat juga dari warga lain sebagai kenalan dekat yang berada jauh dari tempat tinggal yang akan menyelenggarakan perayaan atau membuat rumah. Bantuan ini dapat juga datang dari kerabat yang memang sengaja datang setelah adanya pemberitahuan walaupun berada di tempat atau daerah lain yang berjauhan. Adanya ikatan tolong menolong seperti ini akan meringankan beban yang harus dipikul saat pelaksanaan perayaan atau pembuatan rumah

Dengan adanya ikatan tolong menolong seperti ini akan meringankan beban yang harus dipikul,jadi sebagai sesama manusia bagi orang orang di sekitar kita baik itu keluarga,di masyarakat,di tempat beribadah atau di tempat lainya mari kita menjadi mitra yang senantiasa siap untung tolong menolong .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar