Jumat, 10 April 2015

Kriteria Pemasok



            Memilih supplier merupakan kegiatan strategis terutama apabila supplier tersebut akan memasok item yang kritis dan akan di gunakan dalam jangka panjang sebagai supplier penting. Kriteria pemilihan ialah salah satu hal penting dalam pemilihan supplier. Kriteria yang di gunakan tentunya harus mencerminkan strategi supply chain maupun karakteristik dari item yang akan di pasok. Secara umum banyak perusahaan yang mengunakan kriteria-kriteria dasar seperti kualitas barang yang di tawarkan, harga, dan ketepatan waktu pengiriman. Sering kali pemilihan supplier membutuhkan berbagai kriteria lain yang di anggap penting oleh perusahaan.
Perusahaan yang menggunakan pilihan kriteria pemasok. Perusahaan yang menggunakan pilihan kriteria seleksi pemasok perlu mempunyai pemasok yang memahami apa yang diharapkan (tujuannya) dan memberi tanggapan atas kinerja pemasok (umpan balik). Komunikasi ini membantu ke arah mensejajarkan usaha setiap organisasi dan merangsang aktivitas agar meningkatkan kineria. Hakekatnya, pemilihan pemasok dalam rantai pasokan tidak jauh berbeda dengan memilih kebutuhan, perusahaan pembeli. Perbedaannya yang utama ialah pemasok dalam kerangka pemikiran rantai pasokan mempunyai kedudukan yang jauh lebih penting. Karena itu tahapan penentuan pemasok dapat dilakukan beberapa tahapan.
Kriteria seleksi pemasok adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk meninjau, mengevaluasi, dan memilih pemasoknya agar menjadi bagian dari rantai pasokan perusahaan. Beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan kriteria seleksi pemasok yaitu waktu penyerahan barang untuk penggantian, keandalan ketepatan waktu, fleksibilitas penyerahan, frekwensi penyerahan, jumlah pengiriman minimum, mutu pasokan, biaya angkutan, penyerahan pembayaran, kemampuan koordinasi informasi, koordinasi desain kapasitas, pajak dan nilai tukar, dan kelangsungan hidup perusahaan (lndrajit dan Djokopranoto, 2005).
Kriteria seleksi pemasok yaitu  usaha perusahaan dalam ruang lingkup bekerja sama antara perusahaan pembeli dan pemasok. Usaha mengevaluasi, dan memilih pemasoknya untuk menjadi bagian penting dari rantai pasokan perusahaan, meliputi: pentingnya memilih pemasok yang menyediakan mutu produk yang sempurna, pentingnya ketersediaan produk, pentingnya konsistensi atau keandalan terhadap waktu penyerahan, pentingnya biaya produksi dan pentingnya pelayanan setelah penjualan (Tracey dan Vonderembse, 2004), secara lebih detail dijelaskan sebagai berikut.
1.      Pentingnya mutu produk ialah suatu persepsi atas penilaian perusahaan yang bersifat lebih subyektif terhadap produk yang disampaikan pemasok dengan standar yang telah ditentukan bersama antara pemasok dan perusahaan. Mutu tidak hanya menyangkut spesifikasi, tetapi semua kebutuhan yang diperlukan pelanggan atau pengguna barang (perusahaan) seperti keamanan pemakaian, ramah lingkungan, mudah dipelihara dan diperbaiki (lndrajit dan Djokopranoto, 2005)
2.      Pentingnya ketersediaan produk ialah fleksibilitas penyerahan yang diperlukan perusahaan terhadap pemasok untuk mengantisipasi perubahan permintaan barang yang dapat terjadi sewaktu-waktu karena adanya perubahan permintaan dari pelanggan, yang sering kali terjadi (lndrajit dan Djokopranoto, 2005).
3.      Pentingnya biaya produksi yaitu suatu kemampuan perusahaan dalam mengadakan efisiensi melalui biaya pengadaan produksi dari pemasok. Biaya yang dimaksud ialah biaya pemeliharaan, biaya penyimpanan, biaya transportasi, dan biaya-biaya lain yang terkait dengan produk (lndrajit dan Djokopranoto, 2005).
4.      Pentingnya pelayanan setelah penjualan, ialah suatu bentuk bekerja sama berupa dorongan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemasok berupa insentif atau bonus. Pentingnya pelayanan setelah penjualan bagi setiap perusahaan merupakan prospek dan jaminan kelangsungan hidup serta perkembangan perusahaan pemasok merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan (lndrajit dan Djokopranoto, 2005).
5.      Didalam melakukan proses produksi dengan lebih teliti menjelaskan dan menyampaikan pentingnya ukuran-ukuran tersebut, para pemasok yang terpilih dapat memahami apa yang di perlukan untuk kompetitif dan bekerjasama untuk mencapai harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar