Jumat, 10 April 2015

Keterlibatan Pemasok



Secara tradisional, para pemasok adanya sumber daya yang memiliki peran penting, Keterlibatan pemasok dapat memberikan masukan pada perusahaan tentang desain produk, produksi dan keputusan logistik yang mempengaruhi rantai persediaan (Rich and Heinnes 1997). Keterlibatan para pemasok yang lebih banyak memberikan desain pada perusahaan guna meningkatkan perluasan sistem efisiensi, meningkatkan mutu, dan peningkatan kinerja. Para manajer membangun hubungan antara perusahaan dan pemasok, pemanfaatan kondisi internal yang lebih baik bagi pemasok, mempercepat pengembangan proses produksi, meningkatkan penggunaan teknologi, mengurangi biaya pada rantai persediaan dan mempersingkat siklus pesanan (Morgan; 1997).
Dewasa ini banyak perusahaan yang memilih sebelum proses rancangan produk di mulai sehingga supplier tersebut bisa dilibatkan dalam kegiatan perancangan produk. Mereka di perlukan untuk memberikan masukan tentang material apa yang cocok untuk suatu rancangan produk baru apakah supplier tersebut nanatinya bisa memasok material yang di perlukan.
Keterlibatan supplier dalam perancangan produk baru memberikan manfaat yang di peroleh antara lain penghematan biaya material, peningkatan kualitas dan kecocokan material  dengan rancangan yang di buat, serta pengurangan waktu perancangan maupun waktu manufaktur (Handfield et al.1999). Tentu saja tidak semua supplier perlu di libatkan secara dini dalam perancangan produk baru. Supplier untuk item-item yang kompleks  dan supplier yang kritis perlu di libatkan sejak awal, sedangkan supplier untuk material  atau komponen yang sederhana dan relatif standar bisa di libatkan hanya pada fase-fase akhir perancangan produk. Tentu saja supplier bisa di libatkan awal apabila mereka punya keahlian (expertise) yang bisa memberikan masukan yang berarti bagi pengembangan produk (Handfield dan Nichols, 2002).
Penggunaan material yang optimal apabila perusahaan menitik beratkan perhatian pada pengaturan hubungan jangka panjang dengan para pemasok (Gooley, 1997). Fungsi ini perlu dikomunikasikan dengan para pemasok dan pelanggan agar keterlibatan pemasok dapat meningkatkan daya saing (Morgan, 1997). Hal itu meliputi perwakilan para pemasok dalam proses desain produk perusahaan dan memberikan suatu keteladanan dalam bekerja sama untuk peningkatan usaha berkelanjutan. Keterlibatan pemasok dapat memberikan arah yang positif dalam meningkatkan hasil bagi kedua belah pihak (Towler, 1996) dapat disimpulkan bahwa keterlibatan pemasok memiliki peran yang cukup penting dalam upaya meningkatkan daya saing perusahaan, yaitu dalam hal keterlibatan pemasok dalam desain produk perusahaan, mempercepat proses produksi, dan mempersingkat siklus pesanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar