Kamis, 09 April 2015

Mengurangi Dominasi Struktural dan Hambatan Masuk di Industri Rusia



Pendahuluan
Seperti kita ketahui pada awal 1992, di Rusia banyak perusahaan-perusahaan atau industri-industri yang mendominasi. Hal ini tentu menyebabkan adanya hambatan untuk industri-industri lain yang akan masuk. Tipe pasar di Rusia ini sangat cocok untuk tipe pasar monopolistik. Ketiadaan bisnis baru di Rusia sangat mencolok. Sementara banyak perusahaan telah mengalami perubahan kepemilikan, konfigurasi industri ditentukan oleh fiat administrasi dan perencanaan pusat selama era Soviet belum memberi jalan kepada rezim perusahaan struktur, perilaku dan kinerja yang disebabkan oleh kekuatan-kekuatan pasar yang kompetitif.
Tampaknya masih ada potensi besar untuk penyalahgunaan kekuasaan pasar di Rusia, tidak hanya di sektor infrastruktur monopoli, titik yang secara luas diakui dan kebijakan yang inisiatif membentuk bagian penting dari agenda reformasi struktural pemerintah, tetapi juga dalam unsur sektor manufaktur. Pada kenyataannya, banyak perusahaan industri yang efektif kebal terhadap kuat kekuatan pasar kompetitif karena hambatan struktural dan administrasi. Hambatan ini meliputi penjual yang signifikan (dan pembeli) konsentrasi, dominasi horisontal di pasar regional, ada juga tingkat integrasi vertikal tinggi dan hubungan pembeli dan penjual eksklusif tertentu industri sektor dan segmentasi geografis daerah meresap. Sama pentingnya, peraturan dan kelembagaan hambatan masuk melindungi banyak perusahaan incumbent di pasar yang dominan dari pesaing baru atau bahkan ancaman pesaing potensial, baik domestik maupun luar negeri.

Dominasi Horisontal
Seperti kita ketahui, ciri-ciri dari pasar monopolistik sendiri adalah :
a.       Tingkatan terendah dari oligopoli pasar
b.      Pangsa pasar perusahaan tidak lebih dari 10%
c.       Adanya perbedaan pilihan produk yang ditawarkan, baik fisik produk atau lokasi penjualan.
d.      Pesaing bebas masuk pasar
e.       Tingkat konsentrasi rendah
f.       Tidak ada saling ketergantungan antar individu perusahaan
Sedangkan di pasar Rusia sendiri sangat jelas menjurus pada ciri-ciri di atas. Seperti misalnya di Rusia terdapat produk pasar yang beragam, contohnya bus troli, kentang, motor skuter dan pemotongan batu bara. Produk-produk tersebut hanya diproduksi dalam satu perusahaan di seluruh negeri. Pada dasar pendirian, perusahaan Rusia terbesar secara signifikan lebih besar dari pada rekan-rekan mereka di negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat. Ketergantungan pada ukuran konvensional, pangsa pasar nasional dan konsentrasi sehingga cenderung mengecilkan tingkat sebenarnya dari dominasi horisontal di banyak pasar Rusia. Data 328 perusahaan di 1997 Bank Dunia Rusia Academy of Science ( WB - RAS ) survey 6 mengungkapkan bahwa pangsa pasar rata-rata di tingkat oblast adalah 43 %. Data terbaru konsentrasi menunjukkan bahwa pada tingkat oblast, rata-rata 4 perusahaan dan rasio konsentrasi di atas 95 %. Dalam sebagian besar, tingkat dominasi horisontal di pasar manufaktur Rusia adalah warisan perencanaan terpusat Soviet. Integrasi horizontal juga meningkat. Tapi kurang begitu melalui denovo ekspansi dari pada melalui merger dan akuisisi.

Integrasi Vertikal
Kedua, banyak perusahaan yang dominan di Rusia juga sangat terintegrasi secara vertikal (atau memiliki hubungan pembeli-penjual eksklusif). Tingkat integrasi vertikal yang berlebihan ditumpangkan pada (horizontal) pasar produk terkonsentrasi dapat menutup masuknya perusahaan saingan. Sepeti contohnya, perusahaan yang memproduksi mesin untuk truk masih dibuat hanya oleh pabrik mesin Zavolzhye dan dibeli hanya oleh GAZ, yakni pabrik kendaraan. Selain itu, perusahaan yang memproduksi lokomotif berat masih diproduksi hanya oleh Novocherkassk, yakni pabrik peralatan listrik, dan output dibeli sepenuhnya oleh Kementerian Perkeretaapian. Integrasi vertika juga meningkat, biasanya terjadi melalui merger dan akuisisi dari pada melalui denovo ekspansi.

Segmentasi Pasar Regional
Ketiga, kekuatan ekonomi politik yang signifikan dikerahkan oleh pemerintah daerah di Rusia. ini memanifestasikan dirinya dalam kontrol ketat dari kegiatan ekonomi yang penting dalam batas-batas suatu daerah. Demikian juga dengan kontrol dalam kombinasi dengan integrasi vertikal perusahaan, membantu untuk membekukan tingkat autarki struktural yang tinggi yang ditimbulkan di bawah sistem Soviet, di mana produksi barang konsumsi lokal menjadi tanggung jawab dan usaha yang disajikan hanya di masing-masing pasar lokal. Lebih buruk lagi, itu memperkuat administrasi lawan ekonomi dan batasan-batasan pasar geografis, dan mendorong segmentasi pasar ekonomi regional di Rusia, serta mengurangi pembentukan ruang ekonomi terpadu. Kompetisi antar pasar regional yang kuat akan mengeksploitasi skala alami ekonomi.

Hambatan Masuk untuk Pesaing Baru
Menurut perkiraan resmi, pada tahun 1997 tujuh puluh persen dari PDB Rusia berasal dari sektor swasta yang naik dari kurang dari 10% hanya dalam lima tahun sebelumnya pada awal reformasi. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Tapi sumber utama ekspansi sektor swasta Rusia tetap melalui proses privatisasi. Penciptaan bisnis denovo swasta di Rusia sangat lemah dan terus tertinggal jauh di belakang laju ekonomi transisi lainnya, terutama di Eropa Timur dan Bekas Uni Soviet . Kurangnya kemudahan masuk yang efektif oleh perusahaan-perusahaan swasta baru adalah nahan penting yang hilang dalam program reformasi perusahaan Rusia.
Yang menjadi bahasan adalah siapa pesaing baru di Rusia setelah terjadinya reformasi perusahaan di Rusia. Menurut Bank Dunia, pada tahun 1966 survei acak pada perusahaan Rusia pada kategori kepemilikan menunjukkan bahwa A World Bank 1996 survei acak perusahaan Rusia semua kategori kepemilikan menunjukkan bahwa 58% dari denovo perusahaan di sektor swasta dimiliki oleh manajer, 26% dimiliki oleh individu ("Orang luar"), dan 6% dimiliki oleh pekerja.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar