Pendahuluan
Seperti kita
ketahui pada awal 1992, di Rusia banyak perusahaan-perusahaan atau
industri-industri yang mendominasi. Hal ini tentu menyebabkan adanya hambatan
untuk industri-industri lain yang akan masuk. Tipe pasar di Rusia ini sangat
cocok untuk tipe pasar monopolistik. Ketiadaan bisnis baru di Rusia sangat
mencolok. Sementara banyak perusahaan telah mengalami perubahan kepemilikan,
konfigurasi industri ditentukan oleh fiat administrasi dan perencanaan pusat
selama era Soviet belum memberi jalan kepada rezim perusahaan struktur,
perilaku dan kinerja yang disebabkan oleh kekuatan-kekuatan pasar yang
kompetitif.
Tampaknya
masih ada potensi besar untuk penyalahgunaan kekuasaan pasar di Rusia, tidak
hanya di sektor infrastruktur monopoli, titik yang secara luas diakui dan
kebijakan yang inisiatif membentuk bagian penting dari agenda reformasi
struktural pemerintah, tetapi juga dalam unsur sektor manufaktur. Pada
kenyataannya, banyak perusahaan industri yang efektif kebal terhadap kuat kekuatan
pasar kompetitif karena hambatan struktural dan administrasi. Hambatan ini
meliputi penjual yang signifikan (dan pembeli) konsentrasi, dominasi horisontal
di pasar regional, ada juga tingkat integrasi vertikal tinggi dan hubungan
pembeli dan penjual eksklusif tertentu industri sektor dan segmentasi geografis
daerah meresap. Sama pentingnya, peraturan dan kelembagaan hambatan masuk melindungi
banyak perusahaan incumbent di pasar yang dominan dari pesaing baru atau bahkan
ancaman pesaing potensial, baik domestik maupun luar negeri.
Dominasi Horisontal
Seperti
kita ketahui, ciri-ciri dari pasar monopolistik sendiri adalah :
a. Tingkatan
terendah dari oligopoli pasar
b. Pangsa
pasar perusahaan tidak lebih dari 10%
c. Adanya
perbedaan pilihan produk yang ditawarkan, baik fisik produk atau lokasi
penjualan.
d. Pesaing
bebas masuk pasar
e. Tingkat
konsentrasi rendah
f. Tidak
ada saling ketergantungan antar individu perusahaan
Sedangkan
di pasar Rusia sendiri sangat jelas menjurus pada ciri-ciri di atas. Seperti
misalnya di Rusia terdapat produk pasar yang beragam, contohnya bus troli,
kentang, motor skuter dan pemotongan batu bara. Produk-produk tersebut hanya
diproduksi dalam satu perusahaan di seluruh negeri. Pada dasar pendirian,
perusahaan Rusia terbesar secara signifikan lebih besar dari pada rekan-rekan
mereka di negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat. Ketergantungan pada ukuran
konvensional, pangsa pasar nasional dan konsentrasi sehingga cenderung
mengecilkan tingkat sebenarnya dari dominasi horisontal di banyak pasar Rusia.
Data 328 perusahaan di 1997 Bank Dunia Rusia Academy of Science ( WB - RAS )
survey 6 mengungkapkan bahwa pangsa pasar rata-rata di tingkat oblast adalah 43
%. Data terbaru konsentrasi menunjukkan bahwa pada tingkat oblast, rata-rata 4
perusahaan dan rasio konsentrasi di atas 95 %. Dalam sebagian besar, tingkat dominasi
horisontal di pasar manufaktur Rusia adalah warisan perencanaan terpusat Soviet.
Integrasi horizontal juga meningkat. Tapi kurang begitu melalui denovo ekspansi
dari pada melalui merger dan akuisisi.
Kedua,
banyak perusahaan yang dominan di Rusia juga sangat terintegrasi secara
vertikal (atau memiliki hubungan pembeli-penjual eksklusif). Tingkat integrasi
vertikal yang berlebihan ditumpangkan pada (horizontal) pasar produk
terkonsentrasi dapat menutup masuknya perusahaan saingan. Sepeti contohnya,
perusahaan yang memproduksi mesin untuk truk masih dibuat hanya oleh pabrik
mesin Zavolzhye dan dibeli hanya oleh GAZ, yakni pabrik kendaraan. Selain itu,
perusahaan yang memproduksi lokomotif berat masih diproduksi hanya oleh
Novocherkassk, yakni pabrik peralatan listrik, dan output dibeli sepenuhnya
oleh Kementerian Perkeretaapian. Integrasi vertika juga meningkat, biasanya terjadi
melalui merger dan akuisisi dari pada melalui denovo ekspansi.
Segmentasi Pasar Regional
Ketiga,
kekuatan ekonomi politik yang signifikan dikerahkan oleh pemerintah daerah di
Rusia. ini memanifestasikan dirinya dalam kontrol ketat dari kegiatan ekonomi
yang penting dalam batas-batas suatu daerah. Demikian juga dengan kontrol dalam
kombinasi dengan integrasi vertikal perusahaan, membantu untuk membekukan
tingkat autarki struktural yang tinggi yang ditimbulkan di bawah sistem Soviet,
di mana produksi barang konsumsi lokal menjadi tanggung jawab dan usaha yang disajikan
hanya di masing-masing pasar lokal. Lebih buruk lagi, itu memperkuat administrasi
lawan ekonomi dan batasan-batasan pasar geografis, dan mendorong segmentasi pasar
ekonomi regional di Rusia, serta mengurangi pembentukan ruang ekonomi terpadu.
Kompetisi antar pasar regional yang kuat akan mengeksploitasi skala alami
ekonomi.
Hambatan Masuk untuk Pesaing Baru
Menurut
perkiraan resmi, pada tahun 1997 tujuh puluh persen dari PDB Rusia berasal dari
sektor swasta yang naik dari kurang dari 10% hanya dalam lima tahun sebelumnya
pada awal reformasi. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Tapi sumber utama
ekspansi sektor swasta Rusia tetap melalui proses privatisasi. Penciptaan
bisnis denovo swasta di Rusia sangat lemah dan terus tertinggal jauh di
belakang laju ekonomi transisi lainnya, terutama di Eropa Timur dan Bekas Uni
Soviet . Kurangnya kemudahan masuk yang efektif oleh perusahaan-perusahaan swasta
baru adalah nahan penting yang hilang dalam program reformasi perusahaan Rusia.
Yang
menjadi bahasan adalah siapa pesaing baru di Rusia setelah terjadinya reformasi
perusahaan di Rusia. Menurut Bank Dunia, pada tahun 1966 survei acak pada
perusahaan Rusia pada kategori kepemilikan menunjukkan bahwa A World Bank 1996
survei acak perusahaan Rusia semua kategori kepemilikan menunjukkan bahwa 58%
dari denovo perusahaan di sektor swasta dimiliki oleh manajer, 26% dimiliki
oleh individu ("Orang luar"), dan 6% dimiliki oleh pekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar