Jumat, 24 Juli 2015

Desinfektan yang dibutuhkan peternak ayam



Beberapa istilah yang berkaitan dengan desinfektan yang perlu dimengerti oleh peternak ayam, antara lain :
1.         Bakterisid
Bakterisid adalah bahan kimia yang memiliki daya kerja yang mematikan sel-sel bakteri. Jadi yang dijadikan sasaran utama adalah membunuh bakteri.
2.         Mikrobisid
Mikrobisid  adalah bahan kimia yang memiliki daya kerja mematikan lebih dari satu macam mikroorganisme, misalnya virus, bakteri, protozoa.
3.         Bakteriostat/mikrobiostat
Bakteriostat atau mikrobiostat adalah bahan kimia yang memiliki daya kerja menghambat perkembangbiakan bakteri, jadi bahan kimia ini tidak memebunuh bakteri.
4.         Desinfektan
Desinfektan adalah bahan kimia yang dapat memusnahkan penyakit, mikroorganisme, atau virus yang kebetulan sedang dalam keadaan tidak aktif.
5.         Sanitaiser
Sanitaiser adalah bahan kimia yang dapat mengurangi atau menekan jumlah bakteri pada suatu tempat atau lingkungan, sehingga tempat atau lingkungan tersebut aman dari serangan penyakit. Sanitaiser  tidak dapat mematikan semua bentuk mikroorganisme yang berada di permukaan, tetapi hanya membatasi perkembangbiakan, sehingga sumber penyakit tersebut tidak mampu menimbulkan penyakit.
6.         Antiseptika
Antiseptika adalah bahan kimia ringan yang cukup aman digunakan pada jaringan tubuh yang hidup tanpa menyebabkan kerugian atau kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar