Jumat, 24 Juli 2015

Perlakuan mengidentifikasi Bakteri



            Indentifikasi bakteri dilakukan dengan beberapa beberapa cara diantaranya member pewarnaa mythylene blue dan pewarna Gram pada semple yang telah dikultur dari sputum.
Pewarnaan Mythlene blue
            Pewarnaan mythlene blue termasuk dalam pewarnaan sederhana yang bertujuan hanya untuk melihat bentuk sel bakteri dan susunan selnya. Pewarna sederhana merupakan teknik pewarnaa yang paling banyak digunakan karena lebih cepat timbang dibandingkan dengan pewarnaan Gram. Pewarnaan ini hanya mengunakan satu jenis zat warna untuk mewarnai organism. Sebagian besar bakteri mudah bereaksi dengan pewarnaan sederhana karena sitoplasma bakteri kebanyakan bersifat basafilik (basa) sedangkan zat warna yang digunakan bersifat alkalin.
Pewarnaan Gram
            Pewarnaan Gram adalah sesuatu metode yang digunakan untuk membedakan mikroorganisme berdasarkan susunan dan struktur dinding sel mikroorganisme. Berdasarkan pewarnaan Gram, bakteri dibagi menjadi dua golongan yaitu bakteri Gram positif (+) dan bakteri Gram negative (-). Bakteri Gram positif akan bewarna biru-ungu dan bakteri Gram negative akan berwarna merah apabila menggunakan metode pewarnaan Gram terdapat empat jenis reagen yaitu kristal gentian violet (Gram I), iodine (Gram II), alcohol 95% (Gram III) dan sapharanin (Gram IV).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar